Narasi Kulineran

Narasi KulineranSeni kuliner adalah bagian dari budaya. Di dalam makanan ada tradisi suatu masyarakat, nilai-nilai yang mereka pegang, dan pengaruh alam yang membuat makanan itu hadir.  Jadi ketika saya mencicipi penganan dari suatu budaya, saya sadar saya akan menemukan banyak hal yang menarik bagi lidah, mata dan telinga saya.

Karena itulah saya menulis pengalaman pergi ke restoran ataupun mencicipi makanan tradisional di warung atau di tepi jalan, dan mengunggah di sini.

Selamat makan!

Persiapan untuk Narasi Kulineran

  1. Pilih tempat yang disukai: Pergi ke tempat yang menjadi idaman saya menjadi hal yang penting. Kalau saya senang, saya akan menikmati perjalanan, dan akan menulis dengan lancar.
  2. Tidak banyak riset: Sekalipun tempat itu sudah banyak ditulis, saya biarkan diri saya menjadi gelas kosong. Reaksi pertama saya akan membuat tulisan saya jadi berbeda daripada tulisan lain.
  3. Membawa wadah: Saya membawa amplop/kantung atau apapun untuk tempat tiket, bon, brosur, dan sebagainya.
  4. Menyiapkan notes: Biasanya saya membuat notes custom dengan judul tempat yang akan saya datangi. Notes ini bukan untuk mencatat di lapangan, tapi untuk menulis perkembangan menulis. Misalnya, referensi, ide-ide, dan sebagainya.
  5. Mengosongkan memori HP atau kamera: HP dan kamera diperlukan sebagai pengganti mencatat (memotret menu atau pengumuman), dan suasana. Pasti saya perlu peralatan yang mendukung, jadi saya harus memastikan cukup storage di HP atau kamera.

Narasi Kulineran

Jumlah Unggahan

Kala Mega Mendung di Resto Biru

Kala Mega Mendung di Resto Biru adalah tulisan tentang kunjungan ke Restoran Nur Corner di Jenggala, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Mike Pizza, Kuliner desa Italia

Mike Pizza, Kuliner desa Italia

Mike Pizza adalah restoran pizza di Kemang, Jakarta Selatan, yang menyediakan pizza tradisional Italia dengan cita rasa yang enak.

Gabus Pucung & Sayur Besan

Gabus Pucung & Sayur Besan

Mencicipi gabus pucung dan sayur terubuk, dua makanan tradisional yang sudah langka di Jakarta. Ada di restoran Dapur Betawi di Cinere, Depok.

Lupakan Diet di Bakerzin

Lupakan Diet di Bakerzin

Restoran Bakerzin memberikan sajian yang lezat, entah itu selada atau protein, sehingga kita pun lupa akan diet. Sesekali boleh laah.

Genki Sushi, Resto Serba Tekno

Genki Sushi, Resto Serba Tekno

Berbeda dengan resto sushi lain, Genki Sushi mengedepankan teknologi robot dalam pelayanan kepada konsumen. Cepat dan menarik.

Baca Juga

Narasi Pendidikan

Narasi Perjalanan

Referensi Narasi 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

33 − 28 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Web Narasi N-EWS

Menulis Narasi dengan Renyah & Lincah

 

Pengisi Konten: Endah WS

Page Builder: Divi/Elegant Themes

Layout Pack: Writer

Font: Cutive Mono (Heading)/Ubuntu (Body Text)

 

 

N-EWS

× Hubungi saya